The World of Photography

Kamis, 10 Maret 2011

Lomografi

Ada yang tau apa itu Lomografi? 
Tidak ada yang mengetahui apa itu lomo?
Baiklah..

Lomografi itu menurut saya kamera yang memiliki banyak bentuk dan warna. Lucu-lucu. Biasanya lomografi hanya kita sebut lomo saja. 

Nah, karena lomo jenisnya beragam, fungsinya juga pasti beragam. Banyak yang menanggap lomo itu kamera mainan. Memang sih, dari penampilan luar seperti kamera biasa. Tapi dalamnya, kita bisa memotret sebuah objek dengan beragam efek.

Baiklah, biar kalian semua paham.. saya akan jelaskan apa sebenarnya lomo itu.

Lomografi adalah sebuah bagian dari fotografi analog yang menggunakan kamera khusus yang disebut dengan kamera LOMO. LOMO sendiri merupakan singkatan dari Leningradskoye Optiko-Mechanichesckoye Obyedinenie  (Penggabungan Mekanis Optik Leningrad). Nama tersebut merupakan sebuah pabrik lensa yang berada di St. Petersburg, Rusia. Pabrik tersebut memproduksi lensa untuk alat-alat kesehatan seperti lensa mikroskop, alat-alat persenjataan, dan lensa kamera.

Kamera lomografi masih menggunakan film gulung sehingga disebut sebagai fotografi analog sedangkan fotografi modernteknologi digital dalam pengambilan gambar maupun pengolahannya. Orang-orang yang menyukai lomografi dan yang suka mengambil foto menggunakan kamera LOMO disebut sebagai lomografer

Teknik penggunaan lomografi pun sangat simple. Dalam teknik fotografi konvensional, banyak aturan baku yang harus dipatuhi seperti kecepatan rana, ISO, dan bukan lensa untuk menciptakan sebuah foto yang baik. Sementara itu dalam lomografi aturan-aturan tersebut diabaikan. Lomografi lebih menekankan untuk menghasilkan foto-foto yang unik sehingga hasilnya pun subyektif. Makanya tidak heran para lomografer memotret objek apa saja dengan santai.



Komunitas Lomografi merumuskan 10 aturan emas (golden rules) bagi orang-orang yang ingin mengambil gambar menggunakan kamera lomografi. Aturan tersebut adalah:

1. "Take your LOMO everywhere you go"

2. "Use it anytime - day or night"

3. "Lomography is not an interference in your life, but a part of it"
Jadikanlah Lomografi sebagai bagian dari diri anda dan nikmatilah waktu anda memotret suatu obyek dengan kamera Lomo.

4. Shoot from the hip

5. Approach the objects of your lomographic desire as close as possible.
Dekati obyek foto anda sedekat mungkin selain karena kamera Lomo umumnya tidak ada zoom, harus ada feel tersendiri antara anda dengan obyek foto.

6. Don't think.
dan gunakanlah hati dan penglihatan anda.

7. Be fast.
dan anda tidak perlu banyak berpikir/berteknik.

8. You don't have to know beforehand what you've captured on film.

9. You don't have to know afterwards, either.
10. Don't worry about the rules.

Cukup sekian, entri tentang lomo akan dilanjutkan di entri lainnya.
Thank you ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar