The World of Photography

Rabu, 09 Maret 2011

Sejarah Perkembangan Fotografi

Halo, berjumpa lagi kita di blog ini ^^
Nah, kali ini.. kita akan membahas tentang Sejarah Perkembangan Fotografi.
Silahkan membaca...

-------
Istilah photography pertama kali dicetuskan oleh Sir John Herschel pada tahun 1839. Jauh sebelum fotografi pertama dibuat, ilmu optikal dikembangkan oleh ilmuan dari Iraq (arab) yang bernama Ibn al-Haytham (Alhazen) (965–1040), dengan penemuannya berupa camera obscura (dark room) dan pinhole camera (lens). Lama ke-eksisannya kurang lebih 400 tahun. Pada tahun 1519 Leonardo da Vinci mengunakan camera obscura tersebut untuk membantunya melukis sebuah gambar. Dan yang kedua adalah proses perkembangan ilmu kimia yang berkembang ratusan tahun sebelum fotgrafi ditemukan. Misalnya penemuan beberapa warna yang dihasilkan dari cahaya matahari, dengan adanya sedikit perbedaan antara api, air, dan cahaya. 
 
Masih banyak deretan ilmuan yang ngak bisa diurai satu-satu di sini... kepanjangan sih, maaf ya.

Mereka mengembangkan ilmu kimia yang berkaitan dengan warna, cahaya, capture image, silver nitrate, silver chloride, diafragma, dan yang lainnya. Pokoknya semua inti mengarah pada fotografi.

Tahapan perkembangan photography sendiri dimulai oleh seorang Prancis yang bernama Tiphaigne de la Roche, (1729- 1774) dengan karyanya yang berjudul “Giphantie”.

Gambar pertama yang sukses adalah yang dihasilkan pada bulan Juni/juli 1827 oleh Niepce, yang menggunakan material yang keras untuk mengekspose cahaya. (box hitam kotak Kayu)

Wah seru juga ya... belum lagi bicara perkembangan kameranya.. dari kamera hitam putih, berwarna, digital. 
Sekian dulu postingannya, maaf pendek.
Tapi, terima kasih sudah mau membacanya ^.^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar